Universitas Jenderal Achmad Yani, (UNJANI) Bandung

Sejarah

Didorong oleh keinginan luhur, keluarga besar TNI AD senantiasa eksis dalam perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, dan dilandasi oleh kesadaran yang tinggi bahwa keberhasilan perjuangannya selama ini adalah berkat dukungan kerjasama dari rakyat Indonesia seluruhnya, warga TNI AD melalui Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) bertekad berperan aktif dalam melanjutkan pengabdiannya dalam semua aspek kehidupan sosial bangsa Indonesia yang bersendikan Pancasila.
Fokus sasaran peran aktif yang dimaksud adalah sektor pendidikan formal, melalui penyelenggaraan dan pengelolaan proses belajar mengajar, dengan mendirikan suatu perguruan tinggi yang diberi nama Universitas Jenderal Achmad Yani yang kemudian disingkat UNJANI.
UNJANI merupakan hasil pengembangan dari sekolah-sekolah tinggi yang dikelola oleh YKEP yaitu : Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STTA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIEA) dan Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ST MIPA).
Berdirinya UNJANI ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum YKEP nomor : 027/YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 yang selanjutnya dikukuhkan oleh MENDIKBUD dengan Surat Keputusan nomor : 0512/O/1990 tanggal 9 Agustus 1990. Dalam perkembangannya, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bandung (STTIB) yang juga dikelola oleh YKEP sejak tahun 1985, bergabung dengan UNJANI pada tahun 1992.
Sampai dengan bergabungnya STTIB ke dalam UNJANI tahun 1992, UNJANI memiliki 3 (tiga) Fakultas yaitu : (1) Fakultas Teknik dengan jurusan : T. Mesin, T. Elektro, T. Kimia dan D3 Keramik, T. Sipil, T. Metalurgi, T. Manajemen Industri ; (2) Fakultas Ekonomi dengan jurusan : Manajemen, Akuntansi ; dan (3) Fakultas MIPA dengan jurusan Kimia, Fisika.
Tahun 1992, UNJANI menambah fakultas di lingkungannya yaitu Fakultas ISIP dengan jurusan Ilmu Pemerintahan dan Fak. Kedokteran. Pengembangan selanjutnya dengan penambahan jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 1993, jurusan Farmasi dan Program MIP pada tahun 1999 dan Fakultas Psikologi pada tahun 2003. Sehingga jumlah keseluruhan Program Studi yang dikelola UNJANI adalah 20 (dua puluh) dari 14 (empat belas) jurusan/6 (enam) fakultas. Pada tahun mendatang tidak menutup kemungkinan UNJANI akan terus melakukan pengembangan dengan membuka Program Studi baru, sesuai kebutuhan masyarakat.
Sebagai sebuah Perguruan Tinggi, UNJANI menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berorientasi kepada arah kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh Mendiknas RI. Di sisi lain, dalam rangka pembinaan kelembagaan, UNJANI menganut kebijakan dan ketentuan yang ditetapkan oleh yayasan pendirinya.

Profil

Jl. Terusan Jenderal Sudirman PO. Box 148, Cimahi 40533 Telp. : (022) 6656 190 Fax  : (022) 6652 069
UNJANI KAMPUS BANDUNG Jl. Terusan Jenderal Gatot Subroto PO. Box 807, Bandung Telp. : (022) 7312 741 Fax  : (022) 7309 433

Humas Email : humas@unjani.ac.id, Telp : (022) 7081 96 97
Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Email : pmb@unjani.ac.id Telp : (022) 6656 190
Unjani merupakan hasil pengembangan dari sekolah-sekolah tinggi yang dikelola oleh YKEP, yaitu : Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STTA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIEA), dan Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (STMIPA).
Berdirinya UNJANI ditetapkan dengan Surat Ketua Umum YKEP, Nomor : 027/YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 yang selanjutnya dikukuhkan oleh MENDIKBUD dengan Surat Keputusan, Nomor :0512/0/1190 tanggal 9 Agustus 1990. Dalam Perkembangannya, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bandung (STTIB) yang juga dikelola oleh YKEP sejak tahun 1985, bergabung dengan UNJANI pada tahun 1992.

Fakultas

  1. Fakultas Teknik, dengan Jurusan :
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Kimia dan Kimia Keramik
  • Teknik Manajemen Industri
  • Teknik Metalurgi
  1. Fakultas Ekonomi, dengan jurusan :
  • Manajemen
  • Akuntansi
  1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dengan jurusan :
  • Kimia
  • Fisika

Tahun 1992, UNJANI menambah fakultas di lingkungannya yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Fakultas Kedokteran.Pengembangan selanjutnya dengan penambahan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 1993, Jurusan Farmasi dan Program MIP pada tahun 1999 serta Fakultas Psikologi dan Ilmu Komputer pada tahun 2003. pada Tahun Ajaran 2011 Unjani Kembali Membuka Program Studi baru Yaitu Program Studi Biologi, Kedokteran Gigi, dan Pasca Sarjana Elektro.

Fasilitas

Universitas Jenderal Achmad Yani adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Cimahi dan Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kampus UNJANI memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya lokasi kampus berada dalam lingkungan yang sejuk, asri, dan nyaman, sehingga memberikan suasana belajar yang kondusif baik pada mahasiswa maupun dosen. Area kampus yang luas (25 Hektar) mempermudah dalam membangun sarana dan prasarana pendukung kegiatan pendidikan selanjutnya. Adapun sarana maupun prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar yang telah dimiliki oleh UNJANI antara lain adalah :
  • Gedung Rektorat dan Dekanat
  • Gedung Perpustakaan Pusat dan Jurusan
  • Gedung Student Centre (Gedung Sasana Krida)
  • Gedung Laboratorium di semua Program Studi/Jurusan
  • RS. Pendidikan Dokter (RS. Dustira & RS. Jejaring lainnya)
  • Gedung Serba Guna di kampus Cimahi & Bandung
  • Sarana Ibadah di Kampus Cimahi & Bandung
  • Sarana Olah Raga di Kampus Cimahi & Bandung
  • Poliklinik, Kantin, Wartel, Internet & Bank
  • Bank BNI, Bank Artha Graha
  • Guest House dan Asrama Putra & Putri
  • Radio FM Mahasiswa
  • Internet Hotspot, Fasilitas e-learning, e-library, dll

Program Kelas Karyawan di Jakarta ada di Universitas Mercu Buana kk.mercubuana.ac.id dan untuk Bandung ada di Universitas Widyatama kk.widyatama.ac.id serta di Surabaya di Universitas Narotama kk.narotama.ac.id